Press Release: 30 Paspor

“Self Driving – Menjadi Driver atau Passenger” dan “30 Paspor di Kelas Sang Profesor.” “Tradisi memproteksi anak anak yang berlebihan
Baca Lebih Lanjut…

ID Internasional Baru Bagi Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Jakarta, Universitas Budi Luhur terus memberikan fasilitas terbaik bagi para mahasiswanya. Salah satunya
Baca Lebih Lanjut…

Jual Barang Bekasmu di OLX.co.id dan Dapatkan Hadiahnya!

Punya barang yang tidak terpakai di rumah? Jual aja di OLX.co.id (sebelumnya tokobagus.com). Kenapa harus dijual di OLX.co.id? Barang-barang kamu
Baca Lebih Lanjut…

Program Beasiswa Magister dan Doktor LPDP 2014

Program Beasiswa Magister dan Doktor merupakan program beasiswa di dalam negeri maupun luar negeri yang bertujuan menyiapkan pemimpin bangsa dan
Baca Lebih Lanjut…

Try Out UI SIKMA NG 2014

Tanggal
19 Januari 2014
Lokasi
(lihat detai deskripsi acara)
Kategori

Di era globalisasi seperti saat ini, setiap bangsa di dunia dituntut untuk memiliki sumber daya manusia handal yang dapat mengubah bangsa tersebut menjadi lebih baik lagi. Cara untuk menghasilkan sumber daya manusia yang handal, salah satunya melalui pendidikan. Tingkat yang paling tinggi dalam pendidikan adalah perguruan tinggi. Setiap orang juga diharapkan dapat mencicipi pendidikan di perguruan tinggi.

Sudah menjadi impian setiap siswa sekolah menengah atas tentunya untuk dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi favorit. Namun untuk mencapai impian itu tidaklah mudah, peserta didik harus melalui seleksi penerimaan yang sangat ketat. Menurut data Kemendikbud Indonesia dari sekitar 618 ribu peserta seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2012 hanya sekitar 125 ribu peserta didik yang diterima. Data tersebut menunjukkan betapa ketatnya persaingan dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Untuk lolos dalam seleksi masuk perguruan tinggi, peserta didik harus memiliki kesiapan yang cukup. Dukungan dari pihak lain seperti orang tua juga dibutuhkan. Salah satu usaha untuk mempersiapkan peserta didik adalah memfasilitasi mereka dengan mengikuti tryout untuk menambah pengetahuan soal dan cara-cara untuk menyelesaikan soal seleksi masuk perguruan tinggi.

Sikma-Ng berusaha memberikan wadah terbaik kepada calon mahasiswa untuk dapat bersaing dalam mempersiapkan diri menuju Perguruan Tinggi. Sebagai wujud kepedulian tersebut dengan menyelenggarakan kegiatan dalam menghadapi SBMPTN dan pemberian bekal pengalaman dalam kehidupan sebagai mahasiswa nantinya melalui acara “Try Out UI SIKMA NG 2014″. Dengan tema “Catch Your Yellow Jacket” yang mempunyai makna semangat untuk bisa masuk ke perguruan tinggi khususnya Universitas Indonesia. Try Out ini memiliki serangkaian acara yang diadakan dalam satu hari, yakni Tryout SBMPTN, Talkshow Studentpreneur dan Kehidupan Kampus, serta Colleges Expo.

1. Tryout SBMPTN
Tryout ini akan dilaksanakan selama 120 menit dengan dua pilihan paket yaitu IPA dan IPS. Acara Tryout ini merupakan sarana untuk mengasah kemampuan bagi peserta dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa-siswi tingkat SMA bisa lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan dalam memperebutkan kursi yang ada dalam perguruan tinggi yang mereka cita-citakan. Tryout ini juga sebagai ajang mengasah kemampuan dalam mengatur strategi yang efektif dalam menjawab soal-soal SBMPTN.

2. Talkshow
Gelar wicara bergaya santai yang masing-masing pembicara dan pemandu talkshow adalah mahasiswa dan alumni Universitas Indonesia. Talkshow Kehidupan Kampus adalah talkshow yang akan membahas mengenai kehidupan di sekitar kampus Universitas Indonesia yang terdiri dari kehidupan di dalam kampus yang terletak di daerah Jakarta dan Depok yang meliputi fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh Universitas Indonesia dan berbagai prestasi dari civitas akademika Universitas Indonesia. Pembicara dari talkshow ini adalah mahasiswa asli Nganjuk yang kuliah di Universitas Indonesia dan memiliki banyak cerita yang menarik untuk disimak. Talkshow ini akan diadakan di Gedung Dharma Wanita Nganjuk dibagi menjadi dua sub tema, yaitu:
a. Studentpreneur, Why Not?
Pengalaman-pengalaman dari narasumber tentang cara mengembangkan jiwa kewiraushaan dan lika-liku yang harus dihadapi dalam usaha selama menjadi mahasiswa. Hal ini pasti akan menarik untuk disimak sehingga bisa dijadikan sebagai bekal dalam membangun usaha walaupun masih berstatus sebagai mahasiswa.

b. Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi oleh Mahasiswa: Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat
Dalam dunia mahasiswa tidak hanya dituntut untuk aktif dalam perkuliahan, tetapi juga di luar perkuliahan tersebut. Itulah yang akan dibahas oleh narasumber yaitu bagaimana cara aktif dalam mengembangkan softskills di antaranya dengan mengikuti berbagai perlombaan, organisasi, dan kehidupannya sebagai mahasiswa di Jabodetabek. Narasumber juga akan menceritakan keluh kesah dan besarnya manfaat dari menjadi mahasiswa yang aktif.

3. Colleges Expo
Colleges Expo merupakan kegiatan yang bertajuk sosialisasi perguruan tinggi yang akan dilakukan oleh perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang tergabung dalam paguyuban SIKMA-NG. Dalam acara ini juga terdapat sesi tanya jawab antara peserta dan perwakilan mahasiswa itu sendiri. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan gambaran kepada peserta mengenai jurusan-jurusan yang ada di perguruan tinggi.

Share linksskmp.us/SIKMANG2014

Ditulis Oleh :

SeputarKampus

Tentang SeputarKampus :
The First & Best Indonesian Campus Network

Website : http://seputarkampus.com
Facebook : seputarkampus
Twitter : @seputarkampus

Subscribe to our Newsletter

Connect with Us

PageRank Checking Icon

Visit Our Radio Station Partner!

Follow @SiapJadiMaba

© 2014 SeputarKampus.Com | The First & Best Indonesian Campus Network
Website designed and programmed by Garuda Biru Technology