Event Review Review Slide Show

Press Release Pitch First 2020

Sebagai salah satu sekolah bisnis dan ekonomi terkemuka di Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya memiliki visi sebagai penggerak dalam pemajuan ilmu pengetahuan, pembentukan, dan penumbuhan usaha yang inovatif dan unggul melalui pendidikan, penelitian, dan pelatihan dalam bidang ilmu bisnis, sosial, dan sains terapan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Berdasarkan visi tersebut, civitas academica Universitas Prasetiya Mulya melalui mahasiswa/i Program Pascasarjana dan para Faculty Member ​terus berupaya untuk mengimplementasikannya dalam suatu forum yang dinamakan Pitch First​.

Dalam kompetisi Pitch First tahun ini, mahasiswa/i Indonesia yang sedang menempuh program Sarjana (1) di Indonesia dan/atau mahasiswa/i asal Indonesia yang sedang studi di luar negeri, diberikan ruang dan kesempatan untuk menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam mengekspresikan dan mempresentasikan ide bisnisnya melalui kompetisi business pitching secara nyata didepan para ahli dalam bidangnya masing-masing. Tentunya diharapkan ide tersebut adalah hasil orisinil kreatifitas yang tidak hanya memberikan profit namun juga berdampak positif bagi masyarakat dan perekonomian di Indonesia.

Pitching adalah sebuah istilah yang merujuk pada kegiatan mempresentasikan suatu ide atau gagasan kepada orang lain atau khalayak ramai. Istilah pitching ​sangatlah akrab terutama bagi para pelaku bisnis di dalam dan/atau luar negeri. Oleh karena itu, pitching ​dalam bisnis secara spesifik adalah mempresentasikan segala hal yang berkaitan dengan ide atau gagasan bisnis di hadapan para investor dengan tujuan untuk mengumpulkan dana yang akan digunakan dalam membiayai kegiatan bisnis yang diajukan. Sehingga, melalui kompetisi Pitch First 2020, peserta diberikan wadah untuk mengukur kesiapan dan kapabilitas diri dari ide bisnisnya di hadapan para dewan juri yang profesional ​sebagai salah satu tolak ukur mereka dalam menjadi seorang entrepreneur ​yang sesungguhnya.

Sejak 2017 hingga 2019, Pitch First dilaksanakan di kampus Universitas Prasetiya Mulya, Cilandak. Namun dengan kondisi pandemi COVID-19 di tahun ini, acara dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom, dan dengan demikian membuka pintu bagi mahasiswa/i S1 asal Indonesia yang sedang melaksanakan studinya di luar negeri.

Setelah melewati proses seleksi di babak penyisihan, Pitch First memilih 13 tim terbaik untuk melaju ke babak Semifinal. Tim yang terpilih berasal dari Universitas Bina Nusantara, Universitas Atma Jaya, Universitas Telkom, Universitas Parahyangan, Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Universitas Sriwijaya, Universitas Presiden, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Sekolah Bisnis Internasional IPMI, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Pendidikan
Ganesha Bali, dan University of British Columbia.

Pitch First menghadirkan 7 juri yang menjadi ahli di bidangnya masing-masing, diantaranya adalah:

  1. Bapak Yefta Surya Gunawan: Co-Founder & CEO of PT Esta Kapital Fintek
  2. Bapak Wanyi Hindrawan Pratiknyo: Partner of Otherlands
  3. Ibu Wynda Sudarma: Head of Business Development of Fave
  4. Bapak Alfred Albert Tuwahatu: Konsultan di PT Prasetiya Mulya Executive Learning Institute
  5. Bapak Sukasah Syahdan: Pengajar di Universitas Prasetiya Mulya
  6. Bapak Hendro Adiarso Tjaturpriono: Pengajar di Universitas Prasetiya Mulya
  7. Bapak Krishnamurti Murniadi: Pengajar di Universitas Prasetiya Mulya
    Setelah melalui tahapan seleksi yaitu tahap penyisihan, semifinal dan tahap final, terpilih empat tim yang berhak mendapatkan predikat sebagai berikut:

No Predikat Nama Tim Asal Universitas Nama Peserta
Juara 1 ACE FAM – Universitas Prasetiya Mulya (Hyacynthia Kesuma & Hardyanshel Kesuma)
Juara 2 Très Bien – IPMI International Business School (Aufa Pratama Putra Hartadi & Aisyah Safira Putri)
Juara 3 Nexus – Universitas Indonesia (Jonathan Edwin)
Best Pitching Category – UBC The University of British Columbia (Jason Widjaja Sugiharto & Fernando Axel Pestianto)

Semoga Pitch First dapat menjadi platform Business Pitching Competition ​dimana peserta dapat berkompetisi dan belajar dari satu sama lain, serta membangun jaringan yang kuat di antara mereka. Pitch First juga hadir untuk memberikan kontribusi dalam pembentukan generasi muda Indonesia yang memiliki keterampilan dan karakter entrepreneurial, ​kreatif dan inovatif serta keberanian untuk melakukan perubahan positif bagi masyarakat dan lingkungan secara luas.

Narahubung:
Nitia Julinka Sari – Media Partnership Officer
www.ideacraft.id
[email protected]
https://www.instagram.com/pitch_first/

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!