Event Review Review Slide Show

Student Life UPH Mengadakan Elefaith: It Starts With You

Student Life UPH Mengadakan Elefaith: It Starts With You untuk menjangkau dan memberikan bantuan bagi anak-anak yang masih belum mendapatkan pendidikan yang layak.

Lippo Village, Karawaci, 9 Juli 2020 – Departemen Student Life UPH kembali mengadakan acara Elevating Faith (Elefaith), sebagai bentuk ucapan syukur serta pemberian kontribusi untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat luas. Dalam kesempatan ini, isu pendidikan Indonesia menjadi sorotan rangkaian kegiatan yang diadakan sepanjang acara Elefaith. Hal ini didasari dengan observasi secara mendalam terkait kualitas pendidikan di Indonesia yang masih cukup rendah dan banyaknya anak yang masih belum mampu mendapatkan pendidikan yang layak. Berdasarkan sorotan tersebut, Elefaith 2020 ingin meningkatkan kesadaran mahasiswa/i Universitas Pelita Harapan untuk semakin memperhatikan isu pendidikan yang sedang terjadi di Indonesia. Namun, bukan hanya kesadaran yang ingin ditanamkan oleh panitia, melainkan adanya pula aksi nyata dari para mahasiswa/i untuk memberikan kontribusi untuk mengatasi masalah seputar kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, Elefaith akan memfasilitasi para mahasiswa/i untuk dapat menunjukkan aksi nyata tersebut melalui kegiatan seperti Social Study, Social Campaign, Visitasi, Online Mini Exhibition, dan Talk Show. Meskipun beberapa rangkaian kegiatan seperti Social Study, Social Campaign, Visitasi telah dilewati, masih terdapat kegiatan yang akan berlangsung seperti, Online Mini Exhibition pada tanggal 13-17 Juli 2020 dan Talk Show pada tanggal 15 Juli 2020.

Mini Exhibition ini dilakukan secara online dan secara interaktif yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara komprehensif tentang perjuangan bangsa Indonesia untuk mengembangkan kualitas pendidikan yang ada. Walaupun diadakan melalui platform online, Mini Exhibition akan menyajikan berbagai macam informasi visual yang sangat menarik dan informatif. Mini Exhibition ini juga memiliki tujuan yang sama dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya, yaitu untuk mendorong para mahasiswa/I untuk menunjukkan aksi nyata yang dapat memberikan kontribusi bagi area pendidikan di Indonesia kedepannya. Mini Exhibition akan diakhiri dengan sebuah Wall of Hope, di mana peserta dapat menuliskan harapan mereka untuk anak-anak Indonesia kedepannya. Namun, karena tingginya antusiasme terhadap Mini Exhibition, acara ini diperpanjang sampai pada tanggal 23 Juli 2020.

Selain itu, terdapat juga kegiatan Talk Show yang akan dilakukan dengan tema “Soaring through Education” yang akan dibawakan oleh Choky Sitohang dan Mikha Tambayong selaku pembicara serta Krishervina Rani Lidiawati, M. Psi., Psi selaku moderator. Talk Show ini akan dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama, “EduMore” akan membahas mengenai kesadaran masyarakat terutama mahasiswa/i pentingya peran pendidikan dalam hidup seseorang, bukan hanya sebagai media untuk memberikan pelajaran teoritis, melainkan banyak pelajaran lain seperti soft skills, yang dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan diri masing-masing. Sesi kedua, “EduAction” akan membahas mengenai peran mahasiswa/i untuk memberikan contoh dan berkontribusi pada lingkungan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Acara ini terbuka untuk umum dengan biaya registrasi Talk Show minimal sebesar Rp25.000,00. Hasil penjualan tiket akan disumbangkan 100% ke Yayasan Lentera Membangun Bangsa, Yayasan Tri Kusuma Bangsa, dan Yayasan Rama-Rama yang merupakan Yayasan Pemerhati Pendidikan Anak-Anak Indonesia yang masih belum mendapatkan sarana pendidikan yang layak.

Adapun Talk Show ini memberikan banyak sekali pandangan dan nilai yang dapat merubah pola pikir peserta dalam dunia pendidikan. Dalam sesi pertama, yang bertajuk “EduMore”, Choky Sitohang berkata bahwa pendidikan adalah proses yang harus kita lewati secara sabar, serta proses yang mendewasakan seseorang. Mikha Tambayong juga mengatakan bahwa belajar tidak merupakan wujud dalam membuang waktu dan energi, selalu ada sesuatu yang dapat diambil dari belajar. Dalam sesi kedua, yang bertajuk “EduAction”, di mana kedua pembicara menyampaikan bahwa ketika kita mengenal kasih Tuhan, maka kasih itulah yang kita praktikkan terhadap orang lain.

Tidak berhenti di situ, Elefaith juga akan terus melakukan penggalangan dana dari tanggal 20 Mei 2020 hingga tanggal 9 Agustus 2020. Yang akan melibatkan berbagai organisasi lainnya seperti Organisasi Kemahasiswaan (OK) yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa, dan Ambassadors of UPH, Unit Layanan Mahasiswa (ULM) yaitu Mentoring UPH, Spiritual Growth, Service Learning Community, serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti Pelita Harapan Photography Club, Production Troops, Artband, Lighthouse Singers, dan lain-lain. Tahun ini, Elefaith diadakan bersama dengan BEM-UPH Medan Campus dan BEM-UPH Surabaya Campus sebagai One UPH. Dana yang terkumpul sepenuhnya akan diberikan kepada yayasan yang menjadi partner Elefaith 2020 untuk dapat membantu memberikan kesempatan bagi anakanak Indonesia yang masih kurang beruntung dan belum mendapatkan sesuntuk kualitas pendidikan yang lebih baik. Donasi dapat diberikan melalui situs kitabisa.com/campaign/elefaithforedu atau melalui rekening CIMB NIAGA 800116868000 a.n. Yayasan Universitas Pelita Harapan dengan mencantumkan kode donasi .001 pada akhiran donasi (contoh: Rp100.001) dan berita acara Elefaith-Nama.


Informasi lebih lanjut hubungi:
Stefanie Novelia
Ketua Tim Produksi Elefaith
089650525164/[email protected]

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!