Event Recommended Event Sportainment Top Circle

Festival Paduan Suara XXV ITB

Kembalinya FPS ITB, Ajang Kompetisi Paduan Suara Nasional Tertua di Indonesia

Festival Paduan Suara ITB (FPS ITB) kembali hadir untuk ke-25 kalinya. Festival ini akan dilaksanakan pada tanggal 15-20 September 2017 di Institut Teknologi Bandung. FPS ITB ini merupakan program dua tahunan yang diselenggarakan oleh PSM-ITB untuk mengembangkan musikalitas paduan suara yang ada di Indonesia. FPS ITB tahun ini mengambil tema “Menyongsong Setengah Abad Kiprah FPS dalam Membangun Dunia Paduan Suara Indonesia.”

FPS ITB merupakan salah satu inisiator festival paduan suara berskala nasional pertama di Indonesia dan sering dijadikan barometer oleh festival paduan suara yang serupa. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan paduan suara Indonesia untuk dapat mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Pada FPS ITB yang ke 25 ini dibuka perlombaan untuk tujuh kategori, yaitu : Paduan suara setingkat SD, Paduan suara setingkat SMP, Paduan suara setingkat SMA, Paduan Suara Campuran Dewasa, Paduan Suara Lagu Rakyat Indonesia, Paduan Suara Sejenis Dewasa, dan kategori baru pada tahun ini yaitu Paduan Suara Musik Pop dan Jazz. Diadakannya kategori paduan suara musik pop dan jazz tidak lepas dari kebutuhan paduan suara yang sudah berkembang ke arah musik-musik populer. FPS ITB dalam menyusun kualitas dalam segi musikalitas dibantu dengan musisi profesional sebagai dewan direktur artistiknya, yaitu Dorcas Soenarjo, Daud Kosasih, dan Budi Susanto Yohanes.
Juri yang akan menilai juga merupakan musisi professional diantaranya adalah, Agustinus Bambang Jusana, Aning Katamsi, Avip Priatna, Christian Izaac Tamaela, Daun Kosasih, Dorcas Soenarjo, Indra Listyanto, Joel Navarro, Ken Steven, dan Lim Ai Hooi.

Sejarah FPS
FPS pertama kali diadakan pada tahun 1968 dan pada saat itu dunia paduan suara masih belum terlalu dikenal masyarakat di Indonesia, sehingga FPS menjadi satu-satunya kompetisi paduan suara di Indonesia. Saat pertama kali diadakan, FPS hanya ditujukan untuk paduan suara paduan suara jenjang SLTP dan SLTA di Bandung saja. FPS mendapat respon yang positif dari peserta-pesertanya, sehingga 2 tahun kemudian FPS diadakan kembali dan menjadi agenda rutin 2 tahunan PSM-ITB. Kemudian, pada tahun 1970, FPS ITB memulai membuka peserta hingga kategori umum. Lalu, dengan banyaknya kebutuhan akan pengembangan paduan suara tingkat anak, kategori anak pun diperlombakan pada tahun 1994. Kebutuhan paduan suara sejenis (wanita dan pria) untuk dikembangkan semakin tumbuh, sehingga pada tahun 2000 membuat kemudian kategori sejenis (wanita dan pria) diselenggarakan.

Pada tahun 2002, FPS berkembang menjadi perlombaan paduan suara berskala nasional dan menjadi satu-satunya kompetisi paduan suara dalam skala nasional sehingga dapat dikatakan FPS menjadi inisiator dari semua kompetisi paduan suara skala nasional yang saat ini diadakan oleh paduan suara-paduan suara lain. Pengaruh FPS dalam dunia paduan suara juga dapat dilihat dari banyaknya paduan suara yang memiliki prestasi di mancanegara pernah mengikuti FPS sebelumnya. FPS ITB telah mencetak tim-tim paduan suara yang mampu bersaing di kancah internasional dan mampu mengharumkan nama Indonesia.

Pada tahun 2010, FPS kembali melebarkan sayap dengan mengadakan kompetisi paduan suara skala internasional (IICC) dan FPS menjadi kompetisi paduan suara pertama di Indonesia berskala internasional yang diadakan oleh badan mahasiswa. Pada IICC pertama ini, terdapat beberapa paduan suara yang berasal dari luar negeri yang ikut serta, contohnya dari Filipina. Di penyelenggaraan pertama IICC, hadir juga paduan suara ternama dari Filipina yaitu Philiphine Madrigal Singers atau yang kerap disebut Madz. Pada tahun 2015, IICC kembali diadakan dan pada ajang tersebut dan hadir pula bintang tamu yakni kelompok musik acapella dari Belanda yang akan tampil pada sesi bertajuk “The Junction Concert”.

Rangkaian acara FPS ITB ke-25
Tidak hanya festival paduan suara, FPS ITB juga menghadirkan workshop dengan pemateri internasional. Workshop adalah suatu sarana edukatif, khususnya dalam dunia paduan suara. Diharapkan dengan adanya choral workshop, para pelatih maupun penyanyi paduan suara dapat meningkatkan kemampuan musikalitasnya. Workshop ini menghadirkan 2 pemateri professional dari manca negara yaitu Dr. Joel Navarro (Amerika Serikat) yang akan membawakan materi “How to Prepare Your Choir for International Competition” dan Lim Ai Hooi (Singapura) yang akan membawakan materi “Vocal Blend and Colours. Selain workshop, FPS ITB juga berencana menggelar friendship concert di tempat tempat umum Bandung. Tujuan dari friendship concert ini adalah mengenalkan seni musik paduan suara ke masyarakat umum. Selain itu, melalui friendship concert ini, panitia FPS ITB berupaya untuk mengenalkan pariwisata kota Bandung kepada para peserta FPS ITB mengingat para peserta FPS ITB berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Rangkaian acara selengkapnya dapat diakses pada laman fps.psm-itb.com.

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!