Event Review Review

Rekam Jejak Arsitektur Vernakular oleh Team Ekskursi Arsitektur UI 2016

Sebagai suatu negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam arsitektur nusantara yang masing-masing mengacu pada potensi kebudayaan, tradisi dan letak geografisnya. Maka dari itu, tidak heran rasanya jika penelitian mengenai arsitektur nusantara tidak akan ada habisnya. Hadir sebagai program kerja tahunan Ikatan Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia (UI), Ekskursi Arsitektur UI giat mengupas arsitektur nusantara dengan cara melakukan perjalanan dan penelitian suatu daerah pedalaman sejak tahun 1997.

Pada tahun 2016 lalu, Ekskursi Arsitektur UI berkesempatan untuk melakukan rekam jejak arsitektur vernakular ke Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur selama 3 minggu. Hasil penelitian tim Ekskursi kemudian dirangkum dalam bentuk pameran, buku dan film untuk dikenalkan kepada masyarakat luas.

Setelah pameran internal yang dilaksanakan pada bulan November 2016, kali ini tim Ekskursi Arsitektur UI berhasil melaksanakan pameran eksternalnya yang bertajuk “Merangkai Lontar Merujuk Sampan” di Galeria Fatahillah pada tanggal 6-12 Februari 2017.

Dalam pameran tersebut, dipamerkan berbagai data mengenai kehidupan masyarakat Sabu Raijua serta keunikan arsitektur Sabu dalam bentuk maket, foto, sketsa, video, dan pernak pernik yang berasal dari Sabu Raijua. Tidak hanya itu, pada tanggal 11 Februari 2017, screening film dokumenter karya tim Ekskursi Arsitektur UI 2016 juga dilakukan bersama dengan founder Miracelova Screen Institute, Arvin Miracelova dan juga founder Raul Renanda Design, Raul Renanda. Sebagai media edukasi masyarakat akan kekayaan arsitektur nusantara, buku karya tim Ekskursi Sabu Raijua: Lontar dan Arsitektur juga diluncurkan oleh Prof. Ir. gunawan Tjahjono M.Arch, P.hD pada hari tersebut.

Pada tanggal 12, rangkaian acara pameran Ekskursi Arsitektur UI pada bulan Februari pun ditutup dan akan dilanjutkan kembali dengan acara bedah buku pada bulan Maret 2017 di Museum Nasional. Rangkaian pameran diharapkan dapat membangkitkan kesadaran penerus bangsa untuk mengenali dan mencintai kekayaan arsitektur nusantara.

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!