Event Review Review

Kerja Sosial FKG UI 2016: Bersatu Mengabdi, Sehatkan Negeri

Kerja Sosial (Kersos) FKG UI adalah kegiatan bakti sosial terbesar yang diadakan oleh mahasiswa FKG UI setiap dua tahun sekali yang merupakan program kerja Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FKG UI. Kegiatan KERSOS sebelumnya telah dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia, antara lain di Padang (2002), Pontianak (2004), Lombok (2006), Banjarmasin (2008), Maluku Utara (2010), Sulawesi Tengah (2012), dan Nusa Tenggara Barat (2014). Dengan mengusung tagline “Bersatu Mengabdi, Sehatkan Negeri”, Kersos FKG UI pada tahun ini telah dilaksanakan di Provinsi Bangka Belitung yaitu pada tanggal 24-30 Juli 2016. Kegiatan Kersos FKG UI dipusatkan pada empat wilayah, yaitu:
• Desa Sarangmandi, Kecamatan Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah
• Desa Bencah, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan
• Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung
• Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur

Kegiatan Kersos memiliki beberapa poin tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan kepedulian sosial mahasiswa FKG UI, meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaan antar civitas FKG UI, serta merealisasikan poin pengabdian masyarakat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi diantaranya membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang baik.

Kegiatan Kersos FKG UI 2016 ini sendiri diikuti oleh 110 mahasiswa preklinik dan klinik serta 30 dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, dengan panitia utama yang terdiri dari mahasiswa FKG UI angkatan 2012 dan 2013. Di desa-desa tempat pelaksanaan Kersos, mahasiswa tinggal bersama dengan warga dan berinteraksi dengan elemen masyarakat di desa tersebut untuk melaksanakan beberapa kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut serta kesehatan umum. Beberapa kegiatan yang terlaksana antara lain:
1. Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut & Kesehatan Umum Dewasa dengan target 400 orang, tercapai 252 orang
2. Program pelatihan “Senam Gigi Sehat ” bagi para guru tercapai 55 guru
3. Penyuluhan Kesehatan Gigi & Mulut Anak SD dengan target 800 anak, telah tercapai 1190 anak
4. Sirkumsisi/ Sunatan Masal dengan target 100 anak dan tercapai 106 anak
5. Pengobatan Gigi dan Mulut Gratis dengan target 1000 tindakan dan tercapai 1494 tindakan
6. Seminar Kedokteran Gigi yang merupakan Kerjasama ICDE FKG UI dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Bangka dan Belitung
7. Kersos Instagram Contest bagi para peserta Kersos FKG UI 2016

Kersos FKG UI pada tahun ini telah terlaksana dengan baik, terlihat dari antusiasme warga Bangka Belitung yang tinggi dengan adanya Kersos. Hal tersebut terjadi tak luput dari bantuan berbagai pihak yang bekerjasama dengan Kersos FKG UI 2016 antara lain Kementrian Kesehatan Republik Indinesia, Pemerintah Provinsi Bangka dan Belitung, Korem 045/Garuda Jaya, Dinas Kesehatan Provinsi Bangka dan Belitung, PDGI cabang Bangka dan Belitung, serta Lembaga Penjamin Simpanan.

FKG 2

Berikut adalah video cuplikan kegiatan KERSOS FKG UI 2016: https://youtu.be/oU_RA8MnVCE

Instagram: @kersosfkgui
CP: Reina 081296778194

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!