Tips & Trick

Studi ke Luar Negeri? Siapa Takut!

Studi di Luar Negeri (01) l SeputarKampus
Siapa yang tak kenal dengan Negara Perancis. Negara yang berada di benua Eropa ini merupakan salah satu negara favorit untuk para pelajar Indonesia melanjutkan studinya, tak terkecuali dengan Aini Syariah Sagala atau akrab disapa Aini. Aini adalah seorang mahasiswa di salah satu universitas di Kota Nantes, Perancis. Bukan hanya itu saja, ia juga seorang ketua PPI (Perserikatan Pelajar Indonesia) Nantes. Perancis yang dikenal baik dengan para pelajarnya, seperti memberikan biaya studi yang murah menjadi salah satu alasan utama Aini memilih melanjutkan studinya di negara tersebut. Lalu, bagaimana cara Aini beradaptasi dengan lingkungan sekitar? “Cara saya beradaptasi dengan lingkungan sekitar adalah dengan tinggal bersama penduduk setempat. Dengan begitu saya dapat mengamati dan belajar bahasa dengan lebih cepat. Cara lainnya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan bersama dengan penduduk lokal, seperti menjadi sukarelawan suatu projek atau ikut organisasi mahasiswa kampus bride cultural” tuturnya.

Aini juga mengatakan bahwa terdapat beberapa beasiswa untuk pelajar Indonesia salah satunya adalah LPDP. “Bagi teman-teman yang ingin melanjutkan studi ke Perancis tidak perlu khawatir dengan biaya hidupnya. Biaya hidup di Perancis memang cukup mahal, tetapi teman-teman bisa memenuhinya dengan kerja part time. Orang luar negeri yang masuk ke Perancis dengan visa pelajar dapat bekerja part time maksimal 18 jam per minggu dan pekerjaannya bermacam-macam dari mulai menjaga anak sampai mengajar bahasa” lanjutnya.

“Secara umum hal-hal yang perlu disiapkan adalah paspor, bukti dana, surat motivasi, daftar nilai, dan persyaratan administratif lainnya. Untuk informasi lebih lanjut teman-teman dapat mengunjungi Campus France di daerah Salemba”. “Pesan saya, bagi siapa pun yang ingin menlanjutkan studi ke luar negeri jangan pernah putus asa. Karena tentu saja tidak ada yang mudah dalam menjalaninya, khususnya bagi teman-teman yang akan bersekolah sambil bekerja” (Riski Bayuni Sagala/IPB)

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!