Uncategorized

Pengalaman Magang di Perpustakaan UI “Crystal of Knowledge”

Perpus Pusat UI l SeputarKampus
*Sharing Internship Experiences with Vilianty Rizki Utami (Ilmu Perpustakaan FIB UI 2009) | @vili1203

Sebagai perpustakaan yang relaitf baru dan salah satu yang termegah di kelasnya, Perpustakaan UI sangat menarik untuk dijadikan tempat magang. Namun, ketika saya berada di sana, status saya bukan magang, melainkan pekerja paruh waktu. Perpustakaan UI yang mungkin bagi yang lain terdengar biasa, namun bagi saya dengan latar belakang jurusan Ilmu Perpustakaan, perpustakaan ini merupaan tempat bekerja dan belajar yang sempurna semasa kuliah.

Sama halnya dengan bekerja di tempat lain di UI, mahasiswa yang ingin menjadi pekerja paruh waktu di Perpustakaan UI pun harus menyiapkan berbagi dokumen seperti, surat lamaran, surat magang dari fakultas, pas foto, fotokopi identitas diri, dan beberapa dokumen lainnya, untuk ditujukan ke bagian SDM Rektorat UI. Setelah itu, penyeleksian akan dilakukan. Bagi calon yang lolos berkas administrasi, mahasiswa tersebut akan dipanggil untuk proses lebih lanjut hanya jika perpustakaan memang tengah membutuhkan tambahan tenaga. Oleh karena itu, harus dipastikan terlebih dahulu apakah dibuka lowongan di Perpustakaan UI atau tidak. Setelah melewati proses seleksinya dan saya dinyatakan diterima, baru saya dipanggil oleh bagian SDM Rektorat UI untuk diberitahu bagaimana aturan kerjanya, termasuk jam masuk kerja di perpustakaan tersebut. Setelah itu, saya baru dapat bertemu dengan koordinator yang akan menjadi atasan saya selama menjalani kerja paruh waktu. Saya bekerja di perpustakaan ini selama hampir satu tahun dan ditempatkan pada bagian UI-ana. Bagian UI-ana merupakan bidang yang bertugas mengurusi skripsi, tesis dan disertasi Mahasiswa UI. Mulai dari penerimaan tugas akhir hingga tugas akhir tersebut dapat ditempatkan di rak perpustakaan untuk digunakan sebagai referensi mahasiswa yang membutuhkan.

Sebenarnya, saya ditugaskan pada bagian pengolahan tugas akhir. Namun, terkadang apabila masa penyerahan tugas akhir telah tiba, di mana akan lebih banyak mahasiswa yang menyerahkan tugas akhirnya ke perpustakaan, maka saya akan dipindahkan ke bagian sirkulasi penerimaan tugas akhir mahasiswa.

Proses yang saya kerjakan untuk pengolahan tugas akhir mahasiswa bisanya adalah memasukkan data tugas akhir, pemberian tajuk subjek yang disesuaikan dengan Library Congress Subject Headings, dan pemberian label pada tugas akhir tersebut. Selain itu, saya juga melakukan editing tugas akhir dalam bentuk digital agar dapat diunggah ke website perpustakaan. Semua itu harus dilakukan dengan cepat agar tugas akhir dapat segera tersedia bagi mahasiswa.

Hal menarik yang saya temukan selama bekerja paruh waktu di Perpustakaan UI ini adalah saya mendapatkan kesempatan bekerja sekaligus belajar dalam bentuk praktik di bawah bimbingan para pustakawan senior yang merupakan guru-guru saya, khususnya Ibu Laely yang merupakan Koordinator bagian UI-ana. Selain itu, saya juga terlibat dalam kegiatan perpustakaan lainnya seperti sebagai Literasi Informasi pada saat Orientasi Belajar Mahasiswa Baru (OBM). Jadi, bagi teman-teman mahasiswa yang berminat untuk mencari ilmu, wawasan, dan pengalaman baru sebagai pustakawan, Perpustakaan UI dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan yang tepat.

Perpustakaan UI l SeputarKampus

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!