News Sharing

Pengalaman Magang di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Jakarta
*Sharing Internship Experiences with Vilianty Rizki Utami (Ilmu Perpustakaan FIB UI 2009) | @vili1203

Jika kalian termasuk pribadi yang menyukai anak-anak dan senang bertemu dengan berbagai macam orang dengan latar belakang yang berbeda, maka di perpustakaan ini adalah tempat magang yang menarik. Perpustakaan umum milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini merupakan perpustakaan tingkat provinsi yang membawahi perpustakaan lain di tingkat kota di DKI Jakarta. Dengan perpustakaan yang berlokasi di kawasan Kuningan yang sibuk dan dekat dengan pemukiman warga, perpustakaan ini menjadi tempat berkumpul berbagai macam orang yang melakukan aktivitas yang berbeda.

Pada hari kerja, kita dapat bertemu dengan para pegawai instansi atau perusahaan terdekat, juga mahasiswa dan anak-anak sekolah yang singgah ke perpustakaan ini untuk mencari buku untuk keperluan tugas atau sekolah mereka. Terlebih lagi, perpustakaan ini menjadi lebih menarik saat akhir pekan tiba. Pada hari Sabtu dan Minggu, pengunjung perpustakaan akan membludak hingga dua bahkan tiga kali lipat dari biasanya. Saat itu, kita akan bertemu dengan banyak anak kecil yang dengan semangat berlari masuk ke perpustakaan untuk sekedar main komputer atau membaca buku, baik bersama temannya, orang tua, maupun guru-guru mereka. Pada akhir pekan ini, orang-orang akan lebih banyak datang dan menggunakan perpustakaan sebagai tempat “rekreasi” mereka.

Kenapa akhirnya saya melakukan program magang di tempat ini? Hal ini bermula ketika beberapa bulan yang lalu saya ditawari untuk magang di perpustakaan ini pada bagian pelayanan. Berbeda dengan kegiatan magang atau praktik kerja lainnya. Karena perpustakaan ini yang memang sedang membutuhkan tenaga tambahan, maka saya tidak perlu membuat surat izin praktik kerja atau magang yang harus ditujukan kepada Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta yang bertempat di Pulomas. Saya pun dapat langsung kerja, namun karena saya akan ditempatkan di bagian pelayana, maka jam kerja akan menyesuaikan jam buka perpustakaan dan untuk itu akan menggunakan shift.

Pada bagian pelayanan tersebut, saya bertugas untuk melakukan kegiatan sirkulasi, pembuatan kartu anggota, dan melakukan kegiatan literasi perpustakaan kepada para pengunjung perpustakaan baru. Namun, jangan pernah berpikir tugasnya hanya semudah itu. Salah satu atasan saya di perpustakaan ini pernah berkata jika bagian layanan merupakan garda depan yang menciptakan dan membangun citra perpustakaan. Jadi, merupakan salah satu komponen yang paling essential di perpustakaan tersebut.

Selain itu, saya pun berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman lebih dengan belajar memahami bagaimana sistem otomasi perpustakaan ini bekerja, serta bagaimana kegiatan manajemen perpustakaan dilakukan hingga semua kegiatan perpustakaan dapat bekerja dengan baik dan teratur. Satu hal penting yang saya yakini di mana pun kita bekerja dan apapun posisi kita, kita akan dapat terlihat lebih dibandingkan orang lain jika kita terus belajar, tidak hanya sekedar bekerja untuk mendapatkan penghasilan semata.

Satu tips dari saya jika kalian tertarik mendapatkan pengalaman lebih di perpustakaan ini dalah kalian harus sabar, cekatan, ramah, berani, dan bersiaplah pulang malam sesuai jam tutup perpustakaan.


Ruang baca Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta (Foto: Dede Rohali)

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!