Experiences Opinion

Pengalaman Magang (PKL) di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev

Logo Daniel S. Lev l SeputarKampus Danlev l SeputarKampus
*Sharing Internship Experiences with Vilianty Rizki Utami (Ilmu Perpustakaan FIB UI 2009) | @vili1203

Praktik kerja lapangan yang saya laksanakan untuk mendukung tugas kuliah. Daniel S. Lev merupakan salah satu jenis perpustakaan khusus yang bergerak dalam bidang hukum. Perpustakaan ini memiliki koleksi yang sebagian besar merupakan koleksi yang berkaitan dengan bidang hukum, guna mendukung fungsinya sebagai perpustakaan yang menyokong kegiatan para peneliti bidang hukum di beberapa lembaga yakni Hukum Online, Pusat Kajian Hukum dan Kebijakan (PSHK), dan Lembaga Pengkajian dan Advokasi untuk Independensi Peradilan (LeIP), juga bagi berbagai komunitas hukum dan masyarakat umum.

Bagaimana mengenai proses awal hingga akhirnya saya melakukan magang di perpustakaan ini? Berbekal informasi dari senior yang pernah praktik kerja di perpustakaan tersebut dan mencari tahu dari halaman web perpustakaan, saya dan satu orang teman saya berhasil mendapatkan nomor telepon perpustakaan tersebut. Kami kemudian menelepon perpustakaan tersebut untuk mengutarakan niat kami untuk melakukan praktik kerja di tempat tersebut dan menanyakan apa saja syarat yang dibutuhkan. Ternyata syaratnya hanya membawa surat izin praktik kerja lapangan dari fakultas. Setelah menyiapkan surat praktik kerja tersebut, kami menyambangi perpustakaan Daniel S. Lev untuk memberikan surat dan mengkonfirmasi kapan kiranya dapat mulai praktik kerja. Saya dan teman saya melaksanakan praktik kerja selama kira-kira 180 jam kerja yang kami padatkan selama satu bulan.

Selama praktik kerja di sana, kami mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran. Kami melakukan kegiatan pelayanan yang dilakukan terhadap para pengunjung baik dari dalam lembaga maupun luar lembaga, melakukan penataan buku, pengolahan buku, majalah atau koran, koleksi digital, dan koleksi dalam bentuk CD. Bahkan kami pun berkesempatan melihat dan belajar mengenai kegiatan stock opname yang dilakukan di perpustakaan ini. Selain itu, kami juga dapat belajar mengenai penggunaan RFID sebagai bagian dari sistem otomasi dan keamanan koleksi.

Perpustakaan ini sangat unik, selain karena sifatnya yang merupakan perpustakaan khusus, perpustakaan yang tidak terlalu besar dari segi kapasitas ini juga memiliki koleksi yang cukup lengkap untuk mendukung kegiatan penelitian yang dilakukan lembaga maupun stakeholders terkait. Hal yang paling menyenangkan menurut saya ketika melakukan praktik kerja di tempat ini adalah karena di bawah koordinasi langsung kepala perpustakaannya, yang kini merupakan Presiden Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII), Bapak Farly Elnumeri. Suasana kerja yang berlangsung perpustakaan ini pun meyenangkan. Hal ini karena Pak Farly juga mengajarkan pada kami bagaimana melakukan pekerjaan dengan serius tapi santai. Kami diperbolehkan mengakses situs-situs web kesukaan saat bekerja, asalkan porsinya tidak lebih banyak dari pekerjaan yang harus dilakukan, atau ketika pekerjaan telah selesai. Sehingga, kami pun menjadi menyadari bagaimana dapat melakukan hal disukai namun tetap bertanggung jawab pada pekerjaan yang dilakukan.

Daniel S. Lev (02) l SeputarKampus
Daniel S. Lev (03) l SeputarKampus

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!