Community

#SATUASA: We Share, We Care

Satu Asa l SeputarKampus
Secara geologis Indonesia diapit oleh 3 lempeng besar yang aktif bergerak, yaitu lempeng Indo-Australia, Pasifik, dan Eurasia. Pergerakan lempeng dapat mengakibatkan gempa bumi dan tsunami. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia mencatat terdapat 28 titik wilayah di Indonesia yang rawan terkena gempa bumi. Pertemuan antara lempeng tersebut menjadikan Indonesia sebagai daerah yang sering mengalami letusan gunung berapi. Terdapat cukup bukti bahwa jumlah, kedahsyatan dan dampak negatif bencana semakin bertambah. Hal ini disebabkan karena banyak warga yang bermukim di lingkungan rentan bencana, seperti dataran rendah, daerah pinggiran sungai, wilayah pesisir pantai, maupun daerah sekitar gunung berapi.

Sejak erupsi Gunung Sinabung pada bulan September 2013, terhitung 32.351 jiwa mendiami camp pengungsian selama kurang lebih 5 bulan. Banyak anak-anak yang harus meliburkan diri untuk sekolah dan akhirnya mereka harus menumpang di sekolah-sekolah terdekat dari pengungsian. Banyak dari mereka saat mengungsi tidak membawa perlengkapan sekolahnya. Alhasil, kegiatan belajar mereka di sekolah darurat menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, kami yang terhimpun dalam Relawan Dompet Dhuafa, yaitu Dompet Dhuafa Volunteer dan Komunitas Filantropi Pendidikan, merasa perlu melakukan sebuah aksi nyata. Aksi tersebut bertujuan untuk mendukung kualitas pendidikan anak Indonesia, khususnya yang berada di camp pengungsian daerah yang terkena dampak bencana alam, melalui aksi SATU ASA (Satu Juta Alat Tulis Untuk Anak Indonesia).

Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat yang memiliki kepedulian yang tinggi, baik dari individu, komunitas, pelajar, instansi, pemerintahan, dan lain sebagainya, untuk bergabung bersama kami di gerakan aksi #SATUASA dengan cara mengkampanyekan aksi ini. Selain berbagi informasi mengenai aksi #SATUASA, teman-teman juga dapat berpartisipasi dengan cara berdonasi dalam aksi #SATUASA dan mengajak orang-orang di sekitar Anda untuk turut berpartisipasi, baik dengan menyebarkan informasi aksi #SATUASA maupun ikut berdonasi.

Saatnya kita peduli dengan pendidikan tunas-tunas emas bangsa ini, saatnya kita peduli untuk masa depan pendidikan mereka. Donasi dapat disalurkan melalui Bank Syariah Mandiri: 7034 790 161 an Yayasan Dompet Dhuafa Republika – Beastudi. Harap mencantumkan 3 angka terakhir Rp 999 untuk setiap donasi nya. Contoh: Rp. 1.000.999,-. Seluruh donasi yang terhimpun akan disalurkan kepada anak-anak korban erupsi Gunung Sinabung pada tanggal 30 Maret 2014.

#SATUASA: We Share, We Care

Share links: skmp.us/satuasa

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!