Tips & Trick

Memilih Kosan yang Sesuai dengan Kebutuhan Mahasiswa

Teman-teman Seputar Kampus ada yang bosan dengan suasana kosannya? Berminat untuk pindah kosan? Atau ada teman-teman Seputar Kampus yang baru lulus SMA dan bermaksud untuk mencari kosan? Sebelum mulai mencari kosan, disimak yuk sedikit tips dari kami.

  • Tanyain nih ke diri teman-teman, ingin tinggal di daerah kost yang seperti apa? Dekat dengan kampus? Dekat dengan tempat makan? Dekat dengan masjid? Atau dekat dengan semuanya? Kalau teman-teman sudah tahu ingin tinggal di daerah yang seperti apa, teman-teman bisa mulai mencari ke daerah yang diinginkan. Bisa bertanya ke senior atau melalui akun Twitter daerah teman-teman kuliah.
  • Kalau sudah berada di daerah kosan yang dipilih, sekarang waktunya mencari kosan seperti apa yang teman-teman inginkan. Kamar mandi di dalam kah, yang ada dapurnya, hingga yang ada batasan jam malamnya atau tidak. Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya teman-teman memiliki beberapa pilihan kosan, supaya ada perbandingan.
  • Cari tahu bagaimana kondisi sekitar kosan tersebut, pernah atau sering ada kejadian kemalingan atau tidak, karena bahaya sekali jika kondisi sekitar kosan tidak aman. Dan cari tahu pula, jika malam hari ada kendaraan umum yang lewat atau tidak, barangkali kelak teman-teman pulang dari kampus kemaleman. Jangan lupa, cari info mengenai tempat makan di sekitar kosan tersebut, asik sekali jika tinggal di kawasan kosan yang bisa delivery makanan, praktis jika tidak ingin keluar kosan (atau lebih tepatnya malas mau keluar).
  • Nah yang terpenting, apakah harga kosan yang hendak dipilih sesuai dengan fasilitasnya, apakah sesuai dan cocok dengan budget yang anggarkan. Ada baiknya teman-teman mengetahui range harga kosan di daerah tersebut, info ini bisa didapat dengan cara bertanya kepada akun Twitter perguruan tinggi teman-teman, atau akun Twitter di mana perguruan tinggi itu berada.
  • Teman-teman juga dapat bertanya kepada penghuni kosan lain mengenai kesan mereka selama tinggal di kosan tersebut. Jika mereka betah, mungkin teman-teman kelak juga akan betah. Dan jika ada keluhan dari mereka, itu dapat menjadi pertimbangan tersendiri untuk teman-teman Seputar Kampus.
  • Di mana ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Kosan yang teman-teman pilih pun demikian, pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Bisa saja kosannya nyaman, namun ‘Ibu’ kosannya jutek. Hal lainnya, bisa jadi kita dapat kosan yang dekat sekali dengan kampus, namun agak jauh dari tempat makan dan sebalikmya. So, kembali ke point pertama di atas, kosan seperti apa yang teman-teman inginkan? Lalu, terimalah dengan lapang dada kekurangan yang ada pada kosan yang dipilih.
  • Jika setelah beberapa bulan teman-teman tinggal di kosan itu, dan merasa tidak nyaman, ada baiknya sebelum pindah kosan, teman-teman mencari tahu info kosan lain dari jauh-jauh hari, lalu ulangi point 1 hingga 6 di atas. Tapi, semoga teman-teman tidak perlu pindah kosan ya.

 

Bagaimana? Sudah tahu suasana kosan seperti apa yang teman-teman inginkan? Menurut aku kosan yang asik itu, kosan dengan kamar mandi dalam, ada spring bed-nya, WiFi kenceng, ada TV Cable, lokasi strategis, 5 menit dari kampus dan tempat makan, tapi harganya murah terjangkau. Wah mau banget. Ada gak ya kosan seperti itu? Barangkali kosan teman-teman kelak seperti itu. Kalau ada tips yang ingin ditambahkan, bisa donk di share atau isi komentar di sini. Ciao!

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!