Tips & Trick

Cara Efektif Mengikuti Job Fair

Teman-teman Seputar Kampus ada yang pernah datang ke Jobfair? Atau ada yang baru akan datang ke Jobfair? Kita dari team Seputar Kampus punya sedikit tips nih mengenai apa aja sih yang perlu dipersiapkan sebelum datang ke Jobfair. Check this out!

  • Cari tahu mengenai perusahaan apa saja sih yang membuka lowongan pada Jobfair tersebut, apakah banyak lowongan kerja yang sesuai dengan bidang dan jurusan teman-teman, karena agak sedikit rugi kalau ternyata lowongan yang bisa di-apply oleh ‘any major’ hanya sedikit, beruntung kalau dari jurusan teman-teman banyak lowongan pekerjaan. Misal teman-teman dari jurusan Sastra Jepang, coba cari tahu dulu apakah banyak perusahaan Jepang di Jobfair yang diselenggarakan tersebut. Kalau tidak banyak, coba cari tahu apakah lowongan yang bisa di-applyany major’ atau tidak. Kalau di Jobfair itu banyak sekali perusahaan Jepang, itu berarti merupakan Jobfair yang cocok untuk teman-teman dari Sastra Jepang. Got it? Next then.
  • Siapkan CV, surat lamaran, pas foto terbaru, fotokopi ijazah atau SKL (bagi yang ijazahnya belum keluar), fotokopi sertifikat pendukung, dan fotokopi surat keterangan magang jika ada. Periksa kembali apakah surat lamarannya sudah sesuai, jika belum tahu ingin melamar ke perusahaan mana, teman-teman bisa mengosongkan terlebih dahulu, dan dapat diisi saat berada di lokasi Jobfair, ketika sudah mengetahui akan melamar pada posisi apa, di perusahaan apa.
  • Cari tahu bagaimana proses pendaftaran pada Jobfair tersebut, terkadang ada Jobfair yang meminta pelamar kerja untuk mendaftar secara online terlebih dahulu, atau langsung mendaftar ketika hari H. Ini penting bagi teman-teman, karena kalau tidak mencari tahu terlebih dahulu, bisa jadi pas hari H teman-teman disuruh mengisi form secara online, dan agak memakan waktu, karena bisa jadi yang mengalami kondisi seperti ini bukan hanya teman-teman saja, antrinya bisa panjang sekali hanya untuk mengisi form secara online pada hari H.
  • Cari tau lokasi Jobfair, bagaimana rute ke sana, apakah rawan macet atau tidak, supaya pas hari H tidak tersasar. Kecuali teman-teman sudah familiar dengan lokasi Jobfair tersebut, its ok!
  • Jika teman-teman datang ramean dengan teman-teman lain, ketika Jobfair berlangsung, tidak perlu selalu barengan, karena perusahaan yang teman-teman minati belum tentu sama dengan perusahaan yang teman kalian minati. Cari perusahaan yang sudah teman-teman ‘kepoin’ sebelumnya, drop CV di situ, lalu teman-teman bisa mencari teman-teman lainnya. Tidak perlu selalu bergantung pada orang lain, bukan? Sendiri pun rapopo, mandiri!
  • Jangan lupa sarapan sebelum berangkat Jobfair, biasanya Jobfair itu ramai sekali, terlebih jika yang mengadakannya adalah Institusi ternama, wow ramenya bisa seperti rame ketika konser SUJU (lebay tapi benar), jangan sampai teman-teman pusing ketika Jobfair, harus selalu konsentrasi! Ok!

Mungkin ini sedikit tips dari kami, adakah teman-teman Seputar Kampus yang ingin menambahkan? Mari saling share ~ Good luck dalam mencari pekerjaan melalui Jobfair ya teman-teman! (NAR)

Penulis: Nur Amalia Rizkita (Sastra Jepang UNPAD 2009)

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!