Community

Jakarta Moral Movement

Apa itu Jakarta Moral Movement?
Jakarta Moral Movement adalah sebuah bentuk usaha dari beberapa anak muda Jakarta untuk mengkaji ulang dan mendiskusikan mengenai nilai moral yang termasuk di dalamnya adalah perilaku anak muda, atau secara lebih spesifik mengenai isu moral anak muda Jakarta pada masa kini. Dari gerakan ini, diharapkan Jakarta Moral Movement dapat menanamkan nilai-nilai moral yang baik ke generasi muda Jakarta dan menginspirasi mereka untuk melakukan kebaikan-kebaikan yang juga akan membuat lingkungan pergaulan warga Jakarta menjadi lebih baik.

Sebagai perwujudan dari gerakan kami, pada akhir April hingga Desember 2013, Jakarta Moral Movement akan membuat kegiatan-kegiatan yang dimulai dengan Roadshow ke SMA-SMA (dan setara) di Jakarta hingga seminar besar dengan berbagai pertunjukan di dalamnya. Semua kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan tujuan dari Jakarta Moral Movement sendiri, seperti yang telah dijabarkan sebelumnya.

#HaveYouBeenNiceToday? adalah tagline kami yang merepresentasikan keinginan kami untuk memulai gerakan ini dengan mengintrospeksi diri akan cara kita berperilaku sehari-hari. Karena kami percaya, bahwa dimulai dari hal kecil, seperti membuat orang lain merasa senang dengan tersenyum dan menyapa; dapat membuat perubahan besar pada cara kita berinteraksi dan dapat mengembangkan sikap kita menjadi lebih baik dari segi moralitas.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk implementasi dari proyek sosial yang direncanakan oleh Nadia Ismi Prameswary, selaku Project Officer dari Jakarta Moral Movement, dan didukung oleh Non-Government Organization LookAround Indonesia yang berfokus pada bidang sosial dan anak muda.

Apa yang membawa kita pada masalah ini?
Generasi muda Jakarta merupakan orang-orang yang memiliki banyak ide, kemampuan, dan keinginan untuk bertindak atau melakukan perubahan. Generasi ini juga memiliki potensi besar untuk membawa Jakarta ke tingkat yang lebih baik sebagai sebuah kota besar di Indonesia, maupun dari segi sosial. Namun, untuk melakukan itu semua, generasi muda Jakarta perlu mendapat bimbingan yang jelas dan pengetahuan mengenai sikap-sikap yang benar untuk saling menyesuaikan. Moralitas dan norma sosial sebenarnya sudah merupakan nilai-nilai dasar yang relevan untuk membimbing dan mengajarkan sikap-sikap yang benar tersebut. Namun, tanggung jawab ini kembali lagi kepada generasi-generasi sebelumnya, untuk mengedukasi generasi mudanya kembali mengenai nilai moral dan norma sosial yang berlaku, serta menjaga perilaku mereka agar tetap baik sehingga mereka siap untuk membentuk lingkungan sosial yang lebih baik di masa depan.

Sebagai bagian dari generasi ini, Jakarta Moral Movement berinisiatif untuk memfasilitasi generasi muda dalam memperbaiki nilai moral dan menanamkan sikap-sikap yang baik. Hal ini dilakukan tidak semata-mata karena kami merasa memiliki nilai moral yang lebih baik, namun karena kami merasa bahwa generasi muda Jakarta perlu saling memperbaiki diri untuk menjadi individu yang lebih baik.

Pre-Events
ROADSHOW
Kami membuat kunjungan ke SMA-SMA (dan setara) terpilih di Jakarta untuk mempublikasikan Jakarta Moral Movement dan juga membuat seminar kecil dengan narasumber dari pembicara-pembicara muda dan juga dari panitia Jakarta Moral Movement sendiri. Seminar kecil ini membicarakan tentang sikap-sikap baik dan perilaku yang dapat dilakukan sehari-hari. Sejauh ini, kami telah mengunjungi SMAN 34, SMAN 66, dan SMKN 41. Namun, kami merencanakan untuk mendatangi 7 sekolah lainnya hingga akhir bulan Juni ini, yang terdiri dari SMAN 6, SMAN 28, SMAN 109, SMAN 97, SMAN 49, SMAN 104, dan SMKN 57 sebagai sekolah-sekolah terpilih dari hasil polling yang dilakukan di media sosial kami.

PARADE
Kami melakukan parade pada hari Minggu saat Car Free Day, tepatnya pada tanggal 9 Juni 2013 kemarin. Parade ini dilakukan dengan bersama-sama memakai baju berwarna merah dan melakukan jalan bersama dari Senayan hingga Bundaran HI untuk menarik minat orang-orang akan tujuan dari Jakarta Moral Movement. Pada Parade ini, kami melakukan orasi, flashmob, dan pertunjukan marching band.

AWARENESS NIGHT
Awareness Night merupakan usaha kami untuk mempublikasikan tujuan dari Jakarta Moral Movement dan untuk menggalang dana. Acara ini diisi oleh panitia Jakarta Moral Movement yang memiliki bakat seni untuk dipertunjukan kepada umum dan diselingi dengan presentasi mengenai keseluruhan rangkaian acara Jakarta Moral Movement. Dalam acara ini, kami menyiapkan kotak untuk mengumpulkan donasi dari pengunjung yang datang dan juga menjual tiket Festival kami untuk mengajak pengunjung agar datang pada acara puncak Jakarta Moral Movement. Awareness Night ini diselenggarakan pada hari Selasa, 11 Juni 2013, di Coffee Institute, Jl. Gunawarman No.71 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Main Events
FORUM
Pendaftaran peserta forum dilakukan dengan pengumpulan essay dari anak muda dengan berumur 16 hingga 22 tahun, tentang pendapat mereka mengenai konsep nilai moral. Essay-essay ini kemudian akan diseleksi oleh lulusan-lulusan dari Universitas Indonesia untuk dipilih 30 penulis essay terbaik yang akan diberikan gelar Jakarta’s Young Moral Ambassador. Duta-duta ini kemudian akan mengikuti Forum Jakarta Moral Movement, dimana di forum ini mereka akan mendapatkan pelatihan dan kuliah mengenai moralitas dan cara berperilaku, juga termasuk di dalamnya mengenai pelatihan public-speaking dan creativity class untuk mengembangkan keterampilan mereka. Adapun narasumber yang akan mengisi Forum Jakarta Moral Movement ini adalah Ariyo Ardi (selaku news anchor Seputar Indonesia RCTI) dan Komunitas PeriKertas. Forum ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 29 Juni 2013 di Galeri Hadiprana, Kemang.

FESTIVAL
Festival ini merupakan acara puncak dari Jakarta Moral Movement. Di Festival ini kami akan mengadakan talkshow oleh para ahli, public figure dan ikon anak muda untuk membagi opini mereka mengenai generasi muda Jakarta saat ini, cara mereka bersikap, dan juga bagaimana mereka dapat mencapai kesuksesan mereka saat ini dengan perilaku yang benar. Selain itu, Festival Jakarta Moral Movement ini juga akan diramaikan oleh bazaar dan pertunjukan dari guest stars dan komunitas seni dari anak muda Jakarta. Sejauh ini, pembicara yang akan mengisi Talkshow pada Festival ini adalah Dik Doank (seniman), Kasandra Putranto (Psikolog), Yunus Kuntawiaji (Founder Lendabook), Leonardo K. (Founder Rumah Perubahan), dan Dhita Wirapradja (Duta Muda ASEAN). Festival ini akan diadakan pada tanggal 2 Juli 2013 di Usmar Ismail Hall, Kuningan.

After Event
MORALITY KNOWLEDGE SHARING
Bersama-sama dengan komunitas-komunitas partner, panitia Jakarta Moral Movement dan Jakarta’s Young Moral Ambassador (peserta Forum) akan berbagi pengalaman dan pengetahuan yang telah didapatkan melalui Forum dan Festival kepada anak-anak berumur 5-15 tahun di berbagai panti asuhan atau komunitas pengajaran bagi anak-anak kurang mampu di bilangan Jakarta. Dengan kegiatan ini, kami berharap dapat membuka jalan untuk pembentukan moral yang baik di Jakarta dimulai dari generasi yang paling muda sehingga gerakan ini dapat berkelanjutan di masa depan.

Target dan Jangkauan
Melalui rangkaian acara dari Jakarta Moral Movement ini, kami mengharapkan dapat mengajak 1000 orang partisipan dengan rasio umur 5-25 tahun. Dilihat dari perkembangan acara ini, prospek untuk mencapai angka 1000 itu masih sangat memungkinkan. Untuk melakukan publikasi dan meningkatkan kesadaran anak muda Jakarta, kami memanfaatkan sosial media, yaitu: akun twitter kami mencapai 2200 followers sejak dibuatnya pada bulan Februari, setiap post kami di Facebook dibaca oleh kurang lebih 500 orang masing-masingnya, dan lebih dari 1000 orang telah menonton video teaser pertama kami di YouTube. Publikasi secara fisik kami lakukan dengan menyebarkan poster dan flyer di tempat-tempat keramaian di Jakarta dan kami melakukan aksi publisitas berupa flashmob di eX Plaza Indonesia pada tanggal 4 Mei 2013 bersamaan dengan event yang diselenggarakan oleh salah satu media partner kami.

Share links: skmp.us/JMM13

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!