Community Event Review

Sebelas Mahasiswa Wakili UI pada Indonesian Youth Forum 2013

Tanggal 23-26 Mei lalu setidaknya menjadi rangkaian hari yang luar biasa bagi kesebelas orang ini, sebut saja, Aldrin Rocky Sampeliling, Alpiadi Prawiraningrat, Carolus Bregas Pranoto, Christiani Sagala, Edy Irawan, Greta Kharisma Ardiyanti, Nindya Miesye Agita Pasaribu, Rhea Putri Ulima, Riza Herzego Nida Fathan, Rizaldy Syahputra, dan Viti Sara Auni. Mereka terpilih untuk mewakili Universitas Indonesia di acara Indonesia Youth Forum 2013, berhasil menyingkirkan lebih dari 1013 aplikasi lainnya. Apa yang membuat mereka berbeda?

Indonesia Youth Foum 2013 (IYF 2013) merupakan acara yang diselenggarakan oleh organisasi Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). IYF 2013 merupakan kelanjutan dari IYF pertama yang diadakan dua tahun lalu. IYF tahun ini mengusung tema “Stand Up, Speak Up, Take Action”. Bertempat di Bandung, acara ini berhasil mengumpulkan kurang lebih 250 pemuda dari berbagai provinsi di Indonesia untuk berbagi ide dan pengalaman mereka masing-masing tentang proyek sosial.

Berbagai rangkaian acara yang luar biasa menarik diadakan selama empat hari di Kota Kembang ini. Setiap peserta antusias mengikuti kegiatan yang telah dirancang oleh panitia IYF. Kegiatan-kegiatan tersebut disusun sedemikian kreatifnya sehingga masing-masing peserta mampu untuk menyalurkan potensi mereka masing-masing.

Hari pertama dimulai dengan pembukaan acara oleh Wakil Walikota Bandung, Bapak Ayi Vivananda. Kemudian dilanjutkan dengan sharing bersama CEO Jamsostek. Kegiatan ini diadakan di Gedung Konferensi Asia Afrika. Setiap peserta diwajibkan untuk menggunakan pakaian adat daerah mereka masing-masing. Keberagaman mewarnai gedung itu, keunikan dan perbedaan yang menggambarkan diversitas negara Indonesia. Hadir juga pada acara pembukaan tersebut para petinggi pemerintahan Jawa Barat dan ketua umum organisasi ISYF.

Selanjutnya pada hari kedua para peserta bersiap dengan setelan jas yang menjadi dress code pada hari itu. Ya, hari ini mereka bersiap-siap untuk menerima berbagai asupan pengetahuan yang akan diberikan oleh para ahli di bidangnya, sebut saja Irfan Amalee, Fahd Jibran, Basuri Tjahaja Purnama, Haz Pohan dan Evelyn G. Masassya. Berbagi pertanyaan dilontarkan oleh para peserta yang sangat antusias dengan kehadiran para pembicara luar biasa ini.

Hari ketiga dimulai dengan penjelajahan Hutan Babakan Siliwangi, hutan yang berada di tengah kota Bandung. Hutan ini diklaim sebagai hutan yang terbesar di dunia yang berada di dalam kota. Sungguh suatu hal yang luar bisa, sayangnya pemerintah setempat diisukan akan merevitalisasi tempat ini dengan pengadaan bangunan-bangunan komersial. Berbagai kampanye dilakukan untuk mencegah hal ini terjadi. Peserta IYF 2013 turut ambil bagian dengan melakukan penanaman pohon. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan pertemuan dengan Microsoft Indonesia, CEO Bumbu Desa, dan berbagai komunitas lokal maupun internasional yang dijalankan oleh anak-anak muda berbakat seperti AIESEC Indonesia, Youth Empowering, StudentxCEO, dan AICT.

Hari terakhir berlangsung saat car free day di Dago, Bandung. Peserta IYF 2013 membagikan susu gratis kepada setiap warga Bandung yang bersedia untuk membuang sampah pada tempatnya. Ini adalah bentuk kampanye untuk mengurangi sampah yang berserakan di kawasan kota. Setiap sampah yang diberikan kepada peserta IYF akan ditukarkan dengan segelas susu. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan acara penutupan yang dihadari langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo. Acara penutupan begitu megah dan diisi oleh pagelaran drama dan musik yang luar biasa. Mereka mengangkat tema keberagaman Indonesia.

Melalui rangkaian kegiatan ini, setiap peserta IYF 2013 diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi komunitasnya masing-masing. Jaringan dan pengetahuan yang mereka dapatkan sekiranya dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kebaikan masyarakat. Semua hal itu akan terimplementasi melalui proyek-proyek sosial. Berbagai proyek sosial yang kreatif dan inovatif diharapkan dapat menyebar di Indonesia melalui para inisiator ini. (Red. Aldrin Rocky Sampeliling)

IYF

Share links: skmp.us/uiIYF13

  • Lutfiya

    kak aldrin 12 mahasiswa UI kak 🙂

    • Aldrin

      11 Fiya, satunya lagi kan panitia, walau dia anak UI :p

      • Lutfiya Al-qarani

        oiaa kak lupa heheh 😀

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!