Competition Event Expo & Bazaar

Java Robot Contest IV

HIMA Teknik Elektronika PENS proudly present “Java Robot Contest IV”
Sabtu-Minggu, 9-10 Maret 2013
08.00-21.00 @Gedung Pusat Robotika ITS

Java Robot Contest IV mengusung konsep baru dan berbeda dari tahun sebelumnya dengan tema “RESCUE”. Kegiatan ini dikemas dengan konsep perpaduan antar dua robot yang melibatkan robot manual dan otomatis untuk menjalankan sebuah misi. Konsep robot manual dan otomatis yang digunakan adalah penggabungan dari robosoccer sebagai robot manual dan robot line tracer sebagai robot otomatis.

Misi yang harus diselesaikan robot tersebut adalah untuk menyelamatkan telur-telur (disimbolkan oleh sebuah bola) seekor burung yang hampir punah karena kebakaran hutan yang merajalela. Dari konsep tersebut, kami menawarkan konsep yang kreatif dengan tingkat kesulitan yang berbeda pada tiap divisi.

Pada divisi pelajar SD (Cooperated Auto-Manual Robot (CAMR) Basic untuk SD/sederajat), robot manual mengumpulkan bola sebanyak-banyaknya dan diletakkan di atas robot otomatis dengan waktu yang telah ditentukan. Ketika waktu telah habis, robot manual tidak boleh mengambil bola lagi dan harus segera menyalakan robot otomatis untuk melewati track yang ada hingga finish.

Pada divisi pelajar SMP (Cooperated Auto-Manual Robot (CAMR) Medium untuk SMP/sederajat), konsep yang diusung hampir sama dengan divisi pelajar SD. Namun, tingkat kesulitan terletak pada proses pengambilan bola. Pengambilan bola harus dilakukan sesuai petunjuk urutan yang diberikan panitia.

Lain halnya dengan divisi pelajar SD dan SMP, Cooperated Auto-Manual Robot (CAMR) Advance untuk SMA/sederajat ini, tingkat kesulitan meningkat dengan adanya tambahan lilin menyala yang diibaratkan kebakaran hutan. Robot manual yang bertugas untuk mengambil bola secara berurutan juga bertugas memadamkan api tersebut sebelum mengambil bola.

LINE FOLLOWER MARATHON
Jenis lomba line follower marathon merupakan lomba, di mana para peserta berkompetisi meggunakan robot line follower programmable yang bertanding untuk mencapai finish lebih dahulu. Lomba ini juga akan meramaikan acara JRC IV dan dapat diikuti secara bebas oleh kalangan pelajar dan mahasiswa.

ELKA EXPO
ELKA Expo merupakan sebuah acara yang dikemas dalam bentuk pameran teknologi mengenai ilmu elektronika. Dalam acara ini, kami mengangkat perkembangan teknologi di bidang elektronika yang lekat dengan sistem kontrol otomatisnya. ELKA Expo bertujuan untuk memberikan pandangan kepada pengunjung mengenai bidang elektronika yang terkenal dengan robotika. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri tanpa mengurangi minat pada lomba robotika sebagai acara utama.

Objek yang akan dipamerkan dalam ELKA Expo merupakan hasil kreativitas mahasiswa Teknik Elektronika PENS yang telah diseleksi. Karya-karya tersebut memiliki fungsi yang aplikatif dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada akhir acara, karya terbaik akan diberikan penghargaan yang sebelumnya telah dinilai oleh juri dan pengunjung.

LOMBA DOTA DAN FOTOGRAFI ON THE SPOT
Lomba DoTA dan fotografi merupakan serangkaian acara pendukung yang dikemas bersamaan dengan kompetisi robotika pada acara JRC IV. Lomba ini terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat yang berminat pada kedua bidang tersebut.

DIVISI PELAJAR
– Coorporated Auto-Manual Robot (CAMR) Basic for Elementary School
– Coorporated Auto-Manual Robot (CAMR) Medium for Elementary School
– Coorporated Auto-Manual Robot (CAMR) Advance for Elementary School

Line Follower Marathon
DIVISI UMUM
– DoTA
Photography
– Band Festival

BIAYA PENDAFTARAN
– All CAMR Rp 150.000,- per TIM
Line Follower Marathon Rp 150.000,- per TIM
– DoTA Rp 100.000,- per TIM
Photography Rp 50.000,-
Band Festival (menyusul)

KETERANGAN
Untuk Divisi Pelajar, satu tim terdiri dari 3 orang dan 2 robot (manual dan otomatis)

HADIAH
CAMR Basic and Medium
Juara 1 Rp 3.000.000,-
Juara 2 Rp 2.500.000,-

CAMR Advance
Juara 1 Rp 3.500.000,-
Juara 2 Rp 2.500.000,-

Line Follower Marathon
Juara 1 Rp 2.000.000,-
Juara 2 Rp 1.500.000,-

DoTA
Juara 1 Rp 1.500.000,-
Juara 2 Rp 1.000.000,-

Photography
Juara 1 Rp 500.000,-
Juara 2 Rp 250.000,-

PERSYARATAN PENDAFTARAN
1. Peserta diharapkan masih berstatus siswa aktif di sekolahnya dengan mencantumkan (kartu pelajar atau rapor semester terakhir) (peserta CAMR dan Line Follower).
2. Peserta yang mengikuti kategori DoTA, Fotografi, dan Festival Band diharapkan mencantumkan tanda Kewarganegaraan Indonesia, yaitu KTP atau Akta Kelahiran.
3. Nama Tim (Festival Band, DoTA, CAMR, Line Follower Marathon) tidak diperbolehkan untuk mengandung unsur SARA, pornografi atau sadisme.
4. Peserta harus berada dalam satu sekolah dengan anggota timnya.
5. Peserta diperbolehkan untuk membuat tim dengan siswa yang berbeda jenjang kelas.
6. Peserta membawa peralatan (CAMR, Line Follower Marathon, Fotografi, DoTA, dan Festival Band) sendiri dan bertanggung jawab atas seluruh barang yang dibawa.
7. Panitia tidak bertanggung jawab atas hilangnya barang dengan kepemillikan peserta. Peserta diharuskan untuk menulis nama lengkap pada formulir pendaftaran baik secara online maupun secara langsung.

Contact Person:
Sekretariat JRC IV
Gedung Kreatifitas Mahasiswa Ruang VB PENS-ITS Surabaya 60111 Jawa Timur
CP: Adam Trisakti (085649838884, 085853674878)
E-Mail: [email protected]
Web: http://javarobotcontest.com
Facebook: http://facebook.com/javarobotcontestiv
Twitter: http://www.twitter.com/jrchimaelka

Share links: skmp.us/jrCIV

Follow Us

Follow kami untuk mendapatkan update berita seputar kampus di Indonesia

Follow @SiapJadiMaba

Pengen siap jadi Maba? Follow @SiapJadiMaba

Visit Our Radio Station Partner!